Inilah Efek Jika Mencampur Pertalite dan Pertamax yang perlu anda tahu

Saat ini Pertalite dan Pertamax merupakan bahan bakar yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. akan tetapi pernahkah anda berfikir adakah efek samping jika “mencampur” pertalite dengan pertamax ? ya kali ini modifex akan membahas mengenai hal tersebut jadi baca sampai selesai.

sebelum ke efek dari pencampuran pertalite dan pertamax ada baiknya anda tahu terlebih dahulu perbedaan antara pertalite dan pertamax di bawah ini.

Dilansir dari wikipedia Pertalite adalah bahan bakar minyak terbaru dari Pertamina dengan RON 90. Pertalite dihasilkan dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannya di kilang minyak. Pertalite diluncurkan tanggal 24 Juli 2015 sebagai varian baru bagi konsumen yang menginginkan BBM dengan kualitas di atas Premium, tetapi dengan harga yang lebih murah daripada Pertamax, bahan bakar jenis ini menjadi penengah antara Premium dan Pertamax

Sedangkan Pertamax adalah bahan bakar minyak yang bebas timbal, Oktan atau Research Octane Number (RON) yang lebih tinggi dari Premium, dan Pertalite. Pertamax dihasilkan dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannya di kilang minyak. Karena memiliki oktan tinggi, maka Pertamax bisa menerima tekanan pada mesin berkompresi tinggi, sehingga dapat bekerja dengan optimal pada gerakan piston. Hasilnya, tenaga mesin yang menggunakan Pertamax lebih maksimal, karena BBM digunakan secara optimal.

Bolehkah Mencampur Pertamax dan Pertalite ?

ya kalau menurut saya spribadi sebagai konsumen ya boleh boleh saja mencampur pertamax atau pertalite toh ga ada yang melarang mencampurkan bahan bakar tersebut. akan tetapi perlu di ketahui seperti yang sudah disebutkan di atas Pertamax memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh Pertalite yang bisa anda jadikan pertimbangan.

Dari Gambar di atas bisa dilihat jika Kendaraan yang mengunakan pertamax terlihat lebih bersih jika di bandingkan dengan premium / pertalite (sumber : otomotifnet.com)

Pada pertamax terdapat zat adiktif yang bernama EcoSAVE yang salah satu fungsinya adalah sanggup membersihakn mesin dengan demikian dapat meminimalisir adanya kerak di dalam mesin motor.

Jika pertamax dicampur dengan pertalite maka bisa jadi kelebihan yang ada pada pertamax tidak bisa didapatkan secara maksimal di karenakan percampuran antara pertamax dan pertalite.

Kesimpulan

Dari pemaparan di atas bisa di ambil kesimpulan jika boleh saja jika anda mencampur pertamax dengan pertalite akan tetapi yang jadi pertimbangan adalah kelebihan yang dimiliki oleh pertamax mungkin saja kurang maksimal jika di camuprkan dengan pertalite. semua keputusan berada di tangan anda selaku pengguna kendaraan bermotor.

Sumber : https://modifex.com/inilah-efek-jika-mencampur-pertalite-dan-pertamax-yang-perlu-anda-tahu/

Inilah Efek Jika Mencampur Pertalite dan Pertamax yang perlu anda tahu | rektor182 | 4.5